Mengintai Seorang Penghuni Surga

2 Apr 2013

Suatu saat, ketika sedang duduk bersama para sahabatnya di masjid, Rasulullah Saw bersabda, Seorang penghuni Surga akan datang bergabung dengan kita sebentar lagi.

Sontak para sahabat melihat berkeliling. Tak lama semua mata tertuju pada seseorang yang datang mendekat. Penampilannya sederhana, hanya saja dari wajahnya tampak tetesan air wudhu. Setelah majelis nabi berakhir, seorang sahabat bernama Abdullah bin Amir, merasa sangat penasaran. Diikutinya orang itu sampai ke rumahnya. Lalu dengan berbagai alasan yang baik, ia berhasil memperoleh izin sang penghuni Surga untuk menginap di rumahnya.

Diam-diam tapi cermat, Abdullah bin Amir mengamati setiap amal dan ibadah yang dilakukan Tuan Rumah. Ia menduga bahwa orang itu pasti selalu berpuasa di siang hari, shalat sepanjang malam, membaca Al-Quran setiap waktu dan kerap mengeluarkan sedekah dalam jumlah besar. Tetapi itu tidak didapatinya di hari pertama, juga di hari kedua, bahkan di hari ketiganya ia menginap, Ibadah orang itu biasa saja. Memang tidak kurang tetapi juga tidak istimewa.

Karena tak mengerti, Abdullah bertanya pada si Penghuni Surga, Wahai sahabat, sesungguhnya Rasulullah berkata kepada kami bahwa engkau adalah seorang penghuni surga. Jujur, aku datang ke rumahmu ini untuk melihat sendiri amalan apa yang membuat engkau mendapat jaminan surga. Namun maafkan aku, setelah tiga hari di sini, aku tidak melihat satu pun amalanmu yang istimewa. Sudikah kiranya engkau menyampaikan padaku amalan rahasia apa yang engkau lakukan dan tidak telihat olehku?

Sang Penghuni Surga pun tersenyum dan berkata, Sahabatku, aku memang tidak punya amalan yang istimewa. Amalanku seperti yang engkau lihat selama menginap di sisni. Hanya saja, aku tidak pernah merasa iri dan dengki terhadap rezeki yang diberikan Allah kepada orang lain. Setiap kali pergi tidur, hatiku selalu terbebas dari perasaan semacam itu.

Sekarang mengertilah Abdullah bin Amir apa yang menyebabkan orang itu masuk Surga .


TAGS calon penghuni surga


-

Author

Follow Me