Strategi Menghancurkan Rasa Takut

10 Nov 2015

Adalah alamiah jika seseorang memiliki rasa takut. Namun rasa takut yang berlebihan dan tidak dapat dikendalikan merupakan salah satu penyakit mental yang butuh penanganan serius. Rasa takut yang berlebihan tersebut akan menghambat bahkan menghentikan tindakan Anda dalam mencapai keberhasilan.

Ketakutan seperti itu harus segera dihadapi dan dihancurkan. Namun sebagian besar orang lebih memilih untuk memeliharanya dan terus-terusan terkukung didalamnya. Padahal ketakutan itu pada dasarnya bersifat psikologis, seperti kekhawatiran, keteganga, rasa malu, dan panik. Yang semuanya itu berasal dari imajinasi negatif yang tidak ditangani dengan baik.

Setelah mengetahui akar dari ketakutan itu, sekarang saatnya Anda untuk mengobatinya. Meski ketakutan itu hanya ada dalam pikiran, namun ia benar-benar ada. Sehingga ketakutan mampu menghentikan seseorang untuk memanfaatkan peluang, melatih fitalitas fisik, menutup mulut seseorang ketika sebenarnya ia ingin bicara.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui bahwa ketakutan pada kenyataannya hanyalah rasa ketidak percayaan diri seseorang. Padahal semua bentuk kepercayaan tidak ada yang lahir dengan sendirinya, semua dibentuk dengan cara melatihnya. Orang yang memancarkan kepercayaan diri, yang tampak tidak memiliki kekhawatiran, terlihat tenang dimanapun dan kapanpun, mereka telah berhasil melatih menghilangkan rasa takut dan menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi di dalam diri mereka.

Rasa tidak percaya diri yang menimbulkan ketakutan itu dapat Anda hancurkan dengan dua langkah berikut:

  1. Kurung Ketakutan Anda

Kurung ketakutan yang telah melumpuhkan Anda tersebut, kunci rapat-rapat, jangan lagi biarkan itu menguasai pikiran Anda. Ketahui dulu secara persis apa yang Anda takutkan, bisa jadi karena rasa malu dengan penampilan sendiri, takut kehilangan pelanggan, takut gagal, takut segala sesuatunya akan menjadi diluar kendali Anda, takut terluka secara fisik, takut akan apa yang orang lain pikirkan, dan lain-lain.

 

Kurunglah semua ketakutan itu dan bertindaklah sekarang, karena menunda-nunda untuk bertindak hanya akan menumpuk rasa takut itu didalam diri Anda.

 

  1. Bertindak

Akan selalu ada tindakan untuk segala macam bentuk ketakutan. Setalah mengenali jenis ketakutan Anda, lalu cari tahu jenis tindakan apa yang dapat Anda ambil untuk menaklukan ketakutan itu. Bertindaklah sesegera mungkin, jangan ragu , bersikaplah tegas.

 

Anda dapat segera pergi ke tukang jahit atau membeli pakaian baru untuk mengubah penampilan Anda. Bekerjalah dua kali lebih keras untuk memberikan pelayanan yang lebih baik supaya Anda tidak kehilangan pelanggan. Ubah kekhawatiran menjadi waktu belajar supa Anda tidak gagal. Ubahlah perhatian Anda kepada hal yang lebih mampu membuat Anda tidak khawatir dan takut.

Otak Anda layaknya bank yang selalu didepositokan pikiran-pikiran setiap harinya. Deposito pikiran tersebut akan berkembang menjadi ingatan yang akan dibutuhkan saat nanti Anda mulai memikirkan sesuatu atau menghadapi masalah. Anda akan berusaha mengingat-ngingat “apa yang telah Anda ketahui mengenai masalah yang Anda hadapi ini.”

Melalui ingatan-ingatan tersebut Anda akan mendapatkan potongan-potongan informasi yang berkaitan dengan situasi yang tengah Anda hadapi. Jadi, ingatan Anda adalah penyuplai dasar bagi pemikiran Anda yang baru. Oleh karena itu, depositokanlah hanya pikiran-pikiran positif kedalam otak Anda serta tarik juga hanya pikiran-pikiran positif dari sana.

Dengan hanya menyuplai dan menarik pikiran-pikiran positif, sendirinya Anda akan memiliki rasa percaya diri yang mampu menghancurkan rasa takut yang pada dasarnya hanya merupakan imajinasi negatif yang tak terkendali tersebut. Jangan biarkan monster mental atau pikiran negatif mencela diri Anda sehingga menjadi kerdil. Jangan lagi mengingat-ngingat kejadian atau peristiwa yang tidak menyenangkan. Semoga bermanfaat


TAGS Strategi Menghancurkan Rasa Takut


-

Author

Follow Me